Katanya Hari Ini Hari Blogger Nasional

Saya baru tahu kalau 27 Oktober itu, selain diperingati sebagai Hari Listrik Nasional, juga sudah sejak tahun 2007 dijadikan Hari Blogger Nasional.

Mari bercerita sedikit bagaimana saya bisa mengenal dunia blogging ini.

Tahun 2008, saya mendapat tugas kuliah “Membuat Blog”, dan yang akan dinilai dosen saat itu adalah content dan interface-nya. Maka saya buat erasson.wordpress.com. Namun karena tema untuk tampilan interface-nya tidak bisa diutak-atik sesuka hati, sedangkan salah satu aspek yang akan dinilai adalah hal tersebut, maka saya pun membuat erasson.blogspot.com, karena blogspot memungkinkan penggunanya mengatur sendiri tampilan blog. Setelah tugas itu selesai, saya meninggalkan kedua blog itu.

Saya sempat vakum sekitar 4 tahun lebih sebelum akhirnya aktif kembali. erasson.blogspot.com sudah tidak bisa dibuka lagi, dan saat itu saya lupa password blog ini, erasson.wordpress.com, sehingga saya pun mencoba platform blog yang lain: tumblr. Tapi karena fitur-fitur tumblr kurang bersahabat dengan saya, maka putrazaman.tumblr.com pun saya tinggalkan. Setelah beberapa kali mencoba recovery password wordpress, akhirnya erasson.wordpress.com kembali ke tangan saya, dan perjalanan menulis blog saya pun dimulai.

Saya memang baru beberapa bulan menulis blog, dimulai sejak Maret 2013, tapi manfaat yang saya dapatkan benar-benar sangat banyak. Yang paling utama adalah menambah teman baru. Saya banyak berkenalan dengan teman-teman blogger yang sudah lama aktif dan saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dalam dunia tulis-menulis, khususnya menulis fiksi.

Saya sempat iri dengan teman-teman blogger yang tulisan-tulisannya sudah banyak tercetak dalam bentuk buku. Tetapi rasa iri tersebut memacu saya untuk terus belajar, untuk terus memperkaya diri dengan ilmu, terutama ilmu kebahasaan. Hingga akhirnya beberapa tulisan saya pun menyusul tulisan teman-teman blogger lain yang telah lebih dahulu terbit dalam bentuk buku cetak.

Tapi sayangnya, sekarang saya kembali vakum menulis blog. Sebenarnya saya rindu sekali mengisi blog ini dengan cerita-cerita pendek atau puisi-puisi seperti sebelumnya, namun real life saya sekarang sedang padat-padatnya, apalagi sejak lolos Proyek Menulis Gramedia, saya jadi susah membagi waktu untuk menulis blog. Cukup ironi jika mengingat bahwa blog inilah yang membawa saya bisa sampai ke Gramedia.

Semoga suatu waktu nanti saya bisa kembali aktif menulis blog.

Selamat Hari Blogger Nasional 2013! Keep writing!

4 komentar

  1. sama, saya juga baru nggeh ini hari Blogger nasional.
    keep writing…

    1. mariiii 😀

  2. Baru tahu ada hari begini. Mungkin nanti ada juga hari fesbuk, twiter, BB atau apa lagi yang nasional juga ya. 🙂

    1. Bisa jadi! 😀

Tulis Komentar

