Menjadi yang Paling Bertanggung Jawab atas Hidupmu

Aku ingin selalu ada dalam setiap langkahmu
Menghalau derap-derapnya dari kerikil-kerikil tajam
Menjadi yang paling bertanggung jawab atas hidupmu

Aku ingin mewujud denyut dalam nadimu
Hanyut dalam deras desir darahmu, lalu tenggelam
Aku ingin selalu ada dalam setiap langkahmu

Aku ingin mengeja tiap debar dalam dadamu
Menggenggam geletar getirnya hingga redam
Menjadi yang paling bertanggung jawab atas hidupmu

Aku ingin merupa detak dalam jantungmu
Mengatur iramanya agar kau tenang dalam lelap malam
Aku ingin selalu ada dalam tiap langkahmu

Aku ingin menjaga hela dalam tarikan napasmu
Melindunginya dari polusi udara yang legam
Menjadi yang paling bertanggung jawab atas hidupmu

Aku ingin menjelma neuron dalam simpul-simpul sarafmu
Tempat semua yang silam dan yang akan datang bersemayam
Aku ingin selalu ada dalam tiap langkahmu
Menjadi yang paling bertanggung jawab atas hidupmu

Villanelle Poetry adalah bentuk puisi 19 baris dengan 2 refrain yang terdiri dari 5 Terzina (1 bait 3 larik seuntai) dan diakhiri dengan sebuah Quatrain (1 bait 4 larik seuntai). Rima yang digunakan adalah a-b-a pada Terzina danΒ  a-b-a-a pada Quatrain.

6 komentar

  1. puisinya biolog ya,ada kata neuron, setiap baitnya ngena πŸ˜€

    1. bukan biolog kok, mbak, kebetulan nemu kata itu, jadi dimasukin aja πŸ˜€
      terima kasih sudah membaca, ya, mbak πŸ˜€

  2. Hehe, aku aja masih tetep gak ngerti villanelle poetry itu kaya gimana put. Mau bikin gak bisa dan gak paham.
    Tapi keren kamu udah bisa bikin. πŸ˜‰

    1. Ayo bikin juga, Mbak! πŸ˜€

  3. Nih, ahli puisi! Belajar sama kamu saja, ya? πŸ˜€

    1. Belum pantas disebut ahli, Mbak πŸ˜€
      Tapi kalau mau belajar bareng, ayok! πŸ˜€

Tulis Komentar

