Les Privat Tengah Malam

Semalam, setelah merampungkan tulisan kolaborasi saya bersama Mbak Lia, saya tanya bagaimana bila keinginan saya untuk menulis kolaborasi masih menggebu-gebu, sedangkan event #AweekofCollaboration ini hanya selama satu minggu, sesuai dengan judul event-nya. Kemudian Mbak Lia memberikan informasi tentang Kelas Menulis Poetica yang dibina oleh Mas Teguh Puja, lalu saya diberikan alamat Yahoo Messenger Mas Teguh Puja supaya bisa berkenalan lebih dalam tentang Kelas Menulis Poetica tersebut.

Setelah berkenalan sembari bincang-bincang santai, Mas Teguh menawarkan apakah saya bersedia diberikan “tes” tentang materi-materi awal Poetica yang tidak saya ikuti sebelumnya. Mendengar kata “tes” ini saya mulai gelisah, bagaimana kalau tesnya susah dan saya tidak bisa melalui tes awal ini. Tapi ternyata tesnya tidak seperti yang saya bayangkan. Tesnya sangat menarik, dengan tujuan membiasakan spontanitas dalam menulis, juga membiasakan diri untuk tidak menghapus kalimat pertama yang kita tulis.

Setelah melalu tes awal tersebut, saya diberikan materi tentang Stream of Consciousness (SOC), yang jujur saja baru kali itu saya mendengar istilah SOC ini, walaupun pada praktiknya sering juga saya temui penulisan narasi dengan teknik SOC ini. Selain materi SOC, saya juga diberikan materi tentang Perbedaan Deskriptif dan Naratif, juga sedikit tentang Narative Speed. Rasanya seperti les privat saja dengan Mas Teguh.

Karena sudah hampir pukul dua dini hari, akhirnya les privat tengah malam itu pun ditutup dengan tugas dari Mas Teguh, saya diminta untuk membuat jurnal dan menulis sebuah tulisan dengan genre thriller, tentunya dengan menerapkan materi-materi yang saya dapatkan dari Mas Teguh.

Well, saatnya menulis jurnal.

Ciao…!

Tulis Komentar

