[Event] A Week of Collaboration: Keren!

Bonsoir…!

“Friendship is essentially a partnership.” — Aristotle

Beberapa hari yang lalu, iseng-iseng gue blogwalking ke blog-nya Mas Teguh Puja, dan ternyata kunjungan gue itu membawa berkah. Ada event keren yang dibikin sama bloggerblogger keren buat ningkatin semangat menulis bagi para penulis pemula seperti gue ini. Event keren itu berjudul #AWeekofCollaboration, ajang menulis yang konsepnya adalah menulis bareng, bisa berdua, bertiga, berempat, terserah deh yang penting nulisnya bareng-bareng sama blogger lain, baik yang sudah kenal maupun yang belum kenal sama sekali.

Jujur aja gue masih sangat pemula dalam dunia tulis-menulis, dan gue lebih sering nulis puisi daripada cerpen, flash fiction atau cerita-cerita yang harus nguras otak buat bikin setting, plot, karakter yang kuat, etc. Awalnya gue ragu mau ikutan event ini, selain karena gue belum banyak kenal sama temen-temen blogger, gue juga takut tulisan gue nanti jelek dan gak bagus, atau partner menulis gue jadi kebingungan dengan tulisan gue. Itu sebabnya gue gak ikutan untuk tema yang pertama.

Setelah mengumpulkan keberanian, akhirnya gue komen di post Mas Teguh Puja tentang event ini supaya gue dicariin partner menulis. Dan diserahkanlah gue kepada Mbak @juzzyoke dan Mbak @wulanparker buat dicariin partner. Setelah dipromoin sana-sini, akhirnya gue dapet partner menulis buat event kolaborasi hari kedua dengan tema “DAMAI”, partner pertama gue adalah Mbak Iin Indriyati (@Jo_Iin), kami kolaborasi via Yahoo Messenger.

Awalnya gue gugup, gimana kalau nanti Mbak Iin udah bikin cerita yang keren malah gue rusakin ceritanya. Tapi karena Mbak Iin sangat kooperatif, gue pun ngerasa nyaman-nyaman aja nulis bareng dia, hingga terciptalah sebuah tulisan berjudul Secret Admirer. Yang unik dari cerita ini adalah karakter “Rani” yang gue ciptain ternyata sama dengan “Rani” di Tawa Mengikis Duka (tulisan kolaborasi hari pertama Mbak Iin dan Mbak Indah Lestari), bedanya Rani di tulisan gue ini sudah dewasa, sedangkan di tulisan Mbak Iin sebelumnya si Rani masih kecil. Anggap aja ini kisah Rani setelah dia dewasa.

Partner kedua gue adalah Insany Camilia Kamil (@Brightsunn) melalui message facebook, di hari kedua ini temanya adalah “GELAP”,  di tulisan kali ini prosesnya lebih unik lagi, selain karena “diduga” kisah ini diangkat dari kisah nyata si Sany, *ampun Sann* di tulisan kali ini juga kami kolaborasinya bertiga sama orang yang namanya juga Putra, temennya Sany. Awalnya sih gue cuma kolaborasi berdua aja sama Sany, tapi karena tiba-tiba ada kerjaan mendadak yang gak memungkinkan gue lanjutin kolaborasinya, akhirnya dia ajak Putra lain buat nyelesaiin tulisan kami. Dan akhirnya selesai juga tulisan trio itu dengan judul Gelap Dalam Gelap. Monggo dibaca.

Partner ketiga ini adalah partner favorit gue, selain nulisnya jago, juga konsep yang dia bikin bener-bener bikin imajinasi gue kemana-mana dan gue jadi gak sabar buat nulis, siapakah dia? *drumroll* Mari kita sambut: Mas Yuliono (@yuliyono), manggilnya Mas Ijul ya. Kali ini kami kolaborasi via email, yap, tiga hari beda partner, beda juga media kolaborasinya: YM, FB, email.

Di tulisan dengan tema “HANGAT” ini gue sama mas Ijul survey dulu tentang setting, plot, karakter serta hal-hal penting lainnya. Dan dihasilkanlah tulisan yang gue aja gak percaya pernah nulis cerpen ini bareng Mas Ijul. Selama nulis cerpen ini rasanya gak pernah mau berhenti dan terus ngembangin ceritanya, bisa jadi novel deh kayaknya, haha. Bagi gue tulisan ini adalah masterpiece gue, halah. Yang mau baca, nih judulnya: Jaket Kenangan.

Event ini banyak banget manfaatnya, selain bisa meningkatkan semangat menulis sampai ke tingkat kegilaan, juga ajang menambah teman. Gue dari palembang, tapi gue nulis bareng Mbak Iin yang di Bandung, Insany yang dari Tanggerang dan mas Ijul yang dari Jakarta. Bahkan dua hari ke depan gue akan kolaborasi sama Mbak Jusmalia dari Tenggarong, Kalimantan Timur, dan sama Mbak Ayu yang dari India. Hohoho. Event ini bener-bener keren.

Terima kasih Mas Teguh Puja, Mbak Wulan dan Mbak Jusmalia juga semua yang ikut memeriahkan event #AWeekofCollaboration ini, terkhusus kepada semua partnerku yang keren-keren.

Yuk yang belum ikut, ayo deh ikutan, masih ada tiga hari lagi eventnya. Dan yang masih ikutan, selamat berkarnya teman-teman!

Ciao…!

Iklan

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: